3.03.2010

Mengenal Tenda



Dewasa ini di indonesia banyak sekali beredar tenda pleton-tenda pleton, entah itu dijual secara perseorangan dan dijual di toko-toko outdoor, rata-rata dengan konstruksi doome tent atau pengembangan dari tunnel tent dan single hope tent.

Namun dari semua tenda pleton yang dijual dipasaran dewasa ini sebenarnya tidak semuanya cocok dipakai untuk mendaki gunung, ada tenda pleton yang hanya cocok dipakai camping di kaki gunung atau bahkan cocok hanya dipakai untuk camping di halaman belakang rumah.
Bagaimana mengetahui ciri-ciri tenda pleton yang cocok untuk mendaki gunung? Tips berikut ini mudah-mudahan bisa membantu teman-teman dalam memilih tenda pleton yang cocok untuk pendakian gunung.

1. Tinggi tenda pleton
* tenda pleton untuk pendakian gunung cenderung konstruksinya lebih rendah dari pada tenda pleton untuk camping, ini dikarenakan untuk lebih tahan terhadap tiupan angin yang lebih kencang didaerah ketinggian gunung ketimbang lokasi camping yang berada lebih rendah di kaki gunung. Pilihlah tenda pleton yang lebih rendah konstruksinya.
2. Bahan tenda pleton
* perhatikan bahan tenda pleton pilihlah yang dari nylon jangan pilih tenda pleton yang terbuat dari kain katun bahan bagian dalamnya (inner) terbuat dari katun, jika tenda pleton ini dipakai digunung yang tinggi yang bersuhu lembab akan sangat dingin sekali, tenda pleton ini tidak bisa memberikan isolasi yang baik bagi penghuninya. Tenda pleton dengan bahan jenis ini hanya cocok dipakai untuk camping.
3. Lembar flysheet
* tenda pleton untuk pendakian gunung harus mempunyai lembar flysheet nya, kecuali tenda pleton yang single tent yang terbuat dari bahan breathable garmen yang bisa menahan air tapi kondensasi dalam tenda pleton bisa keluar. Seperti tenda pleton keluaran merek bibler akan tetapi harga tenda pleton dengan bahan jenis seperti ini mahal sekali, dan kebanyakan tenda pleton bibler ini dipakainya di gunung-gunung tinggi bersalju




Http://gumuxranger.web.id

No comments:

Post a Comment