2.10.2010

Trik Memilih Proyektor



Fitur-fitur proyektor yang perlu Dipertimbangkan pada saat membeli atau Sewa Multimedia Equipment.

1. Plug and play. Sebagian besar proyektor portabel masa kini umumnya sudah plug-and-play, user friendly dan bisa di-setting dengan cepat. Pokoknya, yang Anda butuhkan di tempat presentasi hanyalah soket listrik. Tancapkan ke soket listrik, proyektor Anda pun siap digunakan.

2. Fitur-fitur tambahan. Perlu diingat bahwa ada fitur-fitur khusus yang mungkin bisa memenuhi kebutuhan spesifik Anda. Fitur-fitur yang bisa menjadi pertimbangan, antara lain:

* Memory card, yang dapat menggantikan peran notebook dalam menyimpan bahan presentasi.
* Nirkabel (wireless) untuk mempermudah set-up.
* Kemampuan networking untuk pengoperasian dari tempat lain yang berjauhan.
* Digital keystone correction, untuk meningkatkan fleksibilitas penempatan proyektor.
* Input video komponen untuk kualitas video yang lebih baik.
* Lens shift, untuk set-up yang lebih nyaman.

3LCD Eliminasi Efek Pelangi

Gambar yang jernih, seindah warna aslinya, detail yang jelas, atau video yang tampil seperti aslinya tentu akan lebih menarik untuk dinikmati. Teknologi 3LCD memungkinkan hal-hal tersebut, sekaligus mengeliminasi efek pelangi (rainbow effect) yang kerap dikeluhkan para pengguna proyektor LCD biasa.

Sama-sama menempelkan kata “LCD”, teknologi 3LCD bekerja dengan cara yang agak berbeda dengan LCD. Sesuai namanya, ada 3 chip pada teknologi 3LCD. Begini cara kerjanya. Sinar putih diproyeksikan sumber cahaya ke cermin-cermin dichroic yang bertugas memecah sinar menjadi warna-warna dasar, yakni merah, hijau, dan biru. Ketiga warna ini lantas diproses oleh 3 chip LCD, sebelum dilewatkan melalui prisma dichroic dan lensa. Bedanya dengan LCD? Hanya ada satu chip di proyektor LCD dan rotating color wheel yang diputar dengan sangat cepat. Yang terakhir ini menyebabkan terjadinya color break-up (pecah warna) dan berbuntut pada rainbow effect. Proyektor yang menggunakan teknologi 3LCD memiliki kelebihan dalam pencahayaan dan gambar yang alami sehingga lebih nyaman dilihat

Hal lain adalah debu. Proyektor – seperti juga berbagai perangkat elektronik lainnya – bagaikan magnet bagi debu. Arus listrik dan panas adalah kombinasi yang pas untuk memancing datangnya debu dan minyak. Tumpukan debu ini akan menjadi masalah serius ketika komponen utama mulai dihinggapinya. Untungnya 3LCD proyektor datang dengan filter udara yang mudah diganti-ganti (replaceable). Ketika permukaan filter udara – yang bertugas memerangkap kotoran – sudah kotor, pengguna bisa segera menggantinya tanpa harus repot bongkar-bongkar proyektor.

Konten high definition yang mulai “harum” belakangan ini menjadikan kualitas output sebagai hal penting dalam bisnis proyektor. Kalau selama ini pengguna tak punya petunjuk sama sekali tentang kualitas proyektor yang dipakainya, sekarang ada Color Light Output. Fasilitas ini adalah cara sederhana, mudah, tapi akurat untuk mengukur kualitas gambar yang dihasilkan sebuah proyektor. Menurut TFC Associates (sebuah perusahaan riset khusus proyektor), salah satu faktor penting dalam membeli proyektor atau Sewa Multimedia Equipment adalah kualitas gambar.

prismaaja.blogspot.co

No comments:

Post a Comment