2.15.2010

Sistem Pengolahan Data E-Government yang Efektif dan Efisien



E-goverment merupakan suatu metode terstruktur untuk mengembangkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang efektif dan efisien. Dinas Kesehatan Kota Semarang berusaha menerapkan konsep tersebut, sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik dibidang kesehatan. Salah satunya adalah dengan Sistem Pengolahan Data Perijinan Tenaga Kesehatan berbasis komputerisasi pada Sie Perijinan Tenaga Kesehatan.

Berdasarkan studi pendahuluan pelaksanaan program perijinan tenaga kesehatan terdapat beberapa permasalahan, salah satu penyebabnya adalah kurangnya dukungan sistem Olah Data yang terstruktur, mulai dari pemasukan data sampai pada penyediaan informasi. Sistem komputerisasi pengolahan data perijinan tenaga kesehatan diharapkan mampu menjadi alternatif pemecahan terhadap permasalahan tersebut.

Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan rancangan sistem Olah Data perijinan tenaga kesehatan berbasis komputerisasi sebagai upaya menuju e-goverment di Dinas Kesehatan Kota Semarang. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, dengan subyek Kepala Dinas Kesehatan, kepala Sie Perijinan Tenaga Kesehatan, dan petugas pengolah data Sie Perijinan Tenaga Kesehatan. Metode yang digunakan adalah observasi.

Analisis data menggunakan analisis isi hasil wawancara, analisis deskriptif dan analisis diagram alir data sistem. Hasil penelitian ini berupa rancangan Sistem Pengolahan Data Perijinan Tenaga Kesehatan berbasis komputerisasi yang meliputi rancangan antar muka input, output beserta tahapan-tahapan rancangan basis datanya.

Pada hasil implementasi menunjukkan sistem ini mudah digunakan oleh petugas serta mampu menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh Sie Perijinan Tenaga Kesehatan, seperti jumlah tenaga kesehatan yang berijin, jumlah perijinan yang diproses, dan masa berlaku perijinan tenaga kesehatan. Sistem Pengolahan Data Perijinan Berbasis Komputerisasi dirancang dengan model halaman fungsi dan dikelompokan berdasarkan jenis tenaga kesehatan sehingga memudahkan petugas dalam melakukan proses perijinan tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Kota Semarang

eprints.undip.ac.id

No comments:

Post a Comment